EFEK PEMBERIAN NAMA

Maret 4, 2010 at 2:46 am Tinggalkan komentar

TAFAKURbagian 3 (na.azzamy@yahoo.co.id) 02662528855

EFEK PEMBERIAN NAMA

DALAM ISLAM

Dan PERJUANGAN MUSLIMIN

Coba perhatikan !…

Nama keluarga, nama organisasi, nama partai semuanya adalah atribut local yang berlaku di Indonesia dan bersifat duniawi, dalam artian semuanya itu tidak akan sampai kehadapan Allah. Allah hanya akan membedakan manusia dalam 3 kelompok yaitu :

  1. Kelompok(Jama’ah) Muslimin * , dalam Al Quran disebutnya : HIZBULLAH. QS.58 Al-Mujadilah ayat ke-22, QS.5 Al-Maidah ayat ke-56. Dan selain dari Hizbullah adalah HIZBUSY-SYAITHON. (*) sebutan Jama’ah Muslimin dapat dilihat dalam hadits yang diriwayatkan dari shahabat Khudzaifah bin Yaman.
  2. Kelompok(Jama’ah) Munafikin. Yaitu orang yang bermuka dua. Ketika dihadapan kaum muslimin mereka mengatakan Al-Quran dan Sunnah, dan ketika dibelakang mereka mengatakan aturan diluar Al Quran dan Sunnah. ( Lihatlah QS. AL-Baqoroh ayat ke-8 s/d 20). Diantara sifat mereka adalah :
  3. Kelompok(Jama’ah) Kafirin / Musyrikin. “ Maka hadapkanlah wajah mu dengan lurus terhadap Dien (Islam). Fitroh Allah untuk manusia padanya( kesesuai manusia adalah dalam Dienul Islam), tidak ada perubahan terhadap penciptaan Allah(Dienul Islam), itulah dien(syari’at) yang lurus akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahuinya ” (30) “ Dengan kembali bertaubat kepada-Nya dan bertaqwa kepadaiNya, serta mendirikan sholat dan janganlah kamu sekalian termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah ” (31) “ Yaitu orang-orang yang memecah belah agama(Dienul Islam) dan mereka menjadi beberapa golongan, tiap-tiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada golongannya masing-masing ” (32). QS. 30 Ar-Ruum ayat ke-30 – 32
  1. Mengaku beriman kepada Allah dan pada hari akhirat,
  2. Mereka menipu Allah dan orang-orang yang beriman dengan menyodorkan konsep bernuansa islam, padahal bukan konsep Sunnah Rosulullah Shollallahu ‘Alaihi Wasallam atau khulafaaur Rosyidin.
  3. Mereka mengaku untuk kebaikan ummat, untuk membela hak-hak rakyat, tapi melanggar konsep Al Quran dan Sunnah Rosulullah
  4. Mereka menganggap orang-orang dahulu adalah bodoh( Kuno ). ( konsep yang dipakai oleh Rosulullah dan Khulafaaur Rosyidin sudah tidak sejalan dengan zaman modern sekarang ini ) dan mereka mengambil konsep pada zaman mulkan(sistem kerajaan, konsep kenegaraan yang memecah belah kaum muslimin dalam kotak-kotak kepartaian berdasarkan wilayah ). Mereka telah terjebak dalam perpecahan ummat namun tidak sadar.
  5. Mereka itulah orang-orang yang memperjual belikan / menukarkan petunjuk Allah dengan kesesatan(kesenangan duniawi) guna mencpai kedudukan(kusri). 

Membuat kotak-kotak / kelompok-kelompok dalam Islam adalah salah, karena bertentangan dengan perintah Allah QS. Ali Imron ayat 103 “ Dan hendaklah kalian berpegang teguh pada tali Allah (Islam) seraya berjama’ah dan janganlah kalian berfirqoh-firqoh / berpartai-partai ….”Dan berfirqoh-firqoh merupakan penyimpangan dari sunnah Rosulullah. Diutusnya Rosulullah adalah untuk mempersatukan kondisi muslimin yang sudah terpecah oleh sekat suku-suku(bani), dan wilayah(teritorial). Salah satu kisah yang diabadikan dalam AL Quran adalah bersatunya kaum/bani Aush dan Khozroj yang sudah sekian lama bermusuhan. Beliau sudah mempersatukan kaum yang ada di wilayah Arab(Mekkah), Syam(Madinah), Irak. Iran, dan wilayah lainnya, mereka bersatu dalam kelompok(Jama’ah) Muslimin dengan satu imam(komando). Demikian pula pada masa kholifah Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali Rodiallahu ‘anhum. Islam tidak mengenal sekat wilayah, suku, bangsa dan lainnya. Karena Islam adalah merupakan rahmat bagi seluruh alam, mana kala diamalkan. “ Dan tidaklah kami(Allah) mengutus mu (Muhammad) kecuali untuk seluruh Alam ” QS. 21 Al-Anbiya ayat ke-107. dan “ Dan tidaklah kami (Allah) mengutus mu (Muhammad) kecuali untuk seluruh manusia sebagai pemberi kabar gembira, dan pemberi peringatan, akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahuinya ” QS. 34 Saba ayat ke-28. Menda’wahklan Islam dalam kotak / kelompok lokal hanya menambah buramnya potret Islam dan Muslimin. Karena telah memecah belah kekuatan muslimin sehingga tidak dapat menangkis serangan propaganda kaum kuffar / musyrikin baik dari kalangan muslim munafik atau dari Yahudi dan Nasrani.

QS. 30 / Ar-Rum ayat 30-32.                                                             By : Nana Suryana, 08889054041

Ayat ke-30 “ Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah; (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui[1168] ”.

[1168]. Fitrah Allah: maksudnya ciptaan Allah. Manusia diciptakan Allah mempunyai naluri beragama yaitu agama tauhid. Kalau ada manusia tidak beragama tauhid, maka hal itu tidaklah wajar. Mereka tidak beragama tauhid itu hanyalah lantaran pengaruh lingkungan

Ayat ke-31 “ Dengan kembali bertaubat kepada-Nya dan bertakwalah kepada-Nya serta dirikanlah shalat dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah “.

Ayat ke-32. “ Yaitu orang-orang yang memecah-belah agama mereka[1169] dan mereka menjadi beberapa golongan. Tiap-tiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada golongan mereka ”.

[1169]. Maksudnya: meninggalkan agama tauhid dan menganut berbagai kepercayaan menurut hawa nafsu mereka.

Ummat Islam sekarang ini :

  • Mereka terpecah dalam berbagai kotak wilayah yang terbatas oleh teritorial.
  • Mereka terpecah dalam berbagai kotak ORMAS
  • Mereka terpecah dalam berbagai kotak ORPOL

ü      Ketika suatu ORMAS atau ORPOL yang berlandaskan pada AL-QURAN dan SUNNAH ROSULULLAH akan nampak indah.

ü      Jika ORMAS atau ORPOL benar-benar memegang teguh pada AL-QURAN mereka akan bersatu dalam satu kesatuam MUSLIMIN yang utuh dan kuat, karena tidak terpecah balah, dan tidak akan terkalahkan oleh kaum non muslim.

ü      Tapi

ü      Jika ISLAM dibawa pada ORMAS atau ORPOL akan menjadi kerdil (sempit / terbatas), karena Islam sifatnya rahmatal lil ‘alamiin.

ü      Karena ISLAM sekarang ini ditarik-tarik dalam berbagai kepentingan ORMAS atau ORPOL, sehingga mereka saling berselisih, saling mempertahankan egonya masing-masing, bukannya mempertahankan keutuhan Islam dan ukhuwwah islamiyah diantara kaum muslimin. Karena terpecah-belah akhirnya kaum muslimin terkalahkan oleh kaum non muslim.

Coba perhatikan !.

Islam adalah syari’at tauhid yang terwujud :

v     Dalam kalimah syahadatain, yaitu : “ Aku bersaksi tiada sembahan selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah “ dan Nabi Muhammad adalah panutan atau contoh dalam pelaksanaan Islam.

v     Dalam pelaksanaan sholat : Kita berkiblat ke arah yang sama, Baitullah merupakan tempat beribadahnya para Nabi dan  seluruh kaum muslimin.

v     Dalam zakat / infaq / shodaqoh : Bertujuan yang sama dalam membantu kaum dhu’afa(faqir / miskin).

v     Dalam shaum : Merupakan pendidikan sepenanggungan, sependeritaan dalam susah senangnya melaksanakan syari’at.

v     Dalam pelaksanaan haji : Haji merupakan pertemuan akbar kaum muslimin dalam tempat dan waktu yang sama, tiada membedakan warna kulit, bahasa, ORMAS, ORPOL, dan Negara.

  • Sungguh sangat ironis, suatu yang dipertanyakan jika Ummat Islam masih mempertahankan ego dalam perselisihan karena perbedaan paham.
  • Marilah kita kembali pada ketauhidan kepada Allah, ketauhidan dalam beruswah pada Rosulullah. Kembalilah pada Al-Quran dan Sunnah Rosulullah, tinggalkan perselisihan, lepaskan dan keluarlah dari perpecahan ummat, kita eratkan tali ikatan Syahadatain dalam wujud ukhuwwah Islamiyah dan dalam satu kesatuan muslimin yang utuh.
  • Ketika seseorang melakukan ibadah bukan karena Allah(bukan berdasarkan aturan Allah) sungguh ia telah musyrik.
  • Ketika seseorang tidak mengambil contoh dari Sunnah Rosulullah sungguh ia telah keluar dari Islam.

Entry filed under: Aqidah. Tags: .

Air diatas api KONDISI MANUSIA DI HADAPAN ALLAH dan ROSULULLAH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Subscribe to the comments via RSS Feed


Al-Manak

Maret 2010
S S R K J S M
« Feb   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Asmaul Husna

Kategori


%d blogger menyukai ini: